Powered By Blogger

Rabu, 24 Juni 2015

Gempa

tepatnya pada hari ke-7 puasa Ramadhan sekira pukul 1.25 dini hari saya terbangun dari tidur, saya mendengar seperti gemuruh... saya pikir suara gemuruh itu berasal dari mobil alat berat yang melintas...tapi selang beberapa detik terasa ada getaran. ya ini adalah gempa, walaupun getarannya ringan tapi membuat saya takut dan panik. spontan saya buka fb dan BBM untuk meyakinkan apakah yang lain merasakan hal yang sama dengan saya atau tidak, ternyata benar teman- teman juga merasakannya.

Dari hasil yang diperoleh oleh BMKG Kabupaten Natuna gempa yang terjadi pada dini hari tadi merupakan
akibat pergeseran lapisan tanah daratan natuna yang menyesuaikan kontur lapisan tanah, mengingat daerah natuna struktur tanahnya terdiri atas tanah podsolik merah kuning dari batuan, yang tanah tersebut pada dasarnya mempunyai bahan granit dan alluvial serta tanah Organosol dan Gley Humus. BMKG natuna menyebutkan gempa yang terjadi dini hari tadi berskala 2-3 richter (gempa ringan) tidak akan terjadi berulang- ulang dan tidak akan menimbulkan stunami.

sebenarnya gempa itu apa sih? gempa adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi atau pergerakan bergesernya lapisan batu bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi. menurut proses terjadinya gempa bumi dapat digolongkan menjadi beberapa kategori diantaranya sebagai berikut :
1. Gempa Tektonik

terjadi akibat tumbukan lempeng- lempeng di litosfer kulit bumi oleh tenaga tektonik, tumbukan ini akan menghasilkan getaran, dan getaran ini yang merambat sampai ke permukaan bumi.

2. Gempa Vulkanik














gempa ini terjadi akibat aktivitas gunung berapi, oleh karena itu gempa ini hanya dapat dirasakan di sekitar gunung api menjelang letusan. pada saat letusan dan beberapa saat setelah letusan.

3. Gempa Runtuhan atau Longsoran


 










gempa runtuhan atau longsoran terjadi akibat daerah kosong di bawah lahan mengalami runtuh, getaran yang dihasilkan akibat runtuhnya lahan hanya dirasakan di sekitar daerah yang runtuh.

Meskipun gempa ringan yang terjadi tidak ada salahnya kita waspada semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melindungi kita semua. sekian dari saya, bila ada tulisan yang kurang berkenan saya mohon maaf. karena admin baru belajar ngeblog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar