Powered By Blogger

Sabtu, 23 Mei 2015

Cerita Rakyat Natuna Kisah siti balqis wanita tercantik di pulau tujuh



Konon di pulau tujuh hiduplah keluarga yang sangat bahagia, dimana keluarga tersebut di karuniai oleh dua orang anak yang sangat elok rupawan. anak yang sulung laki- laki dan yang kedua perempuan. Anak perempuanya sangat cantik jelita, kecantikanya sangat tersohor di pelosok negeri nama dara tersebut adalah Siti Balqis wanita tercantik di pulau tujuh yang tinggal tepat di pulau subi.



Karena cantiknya banyak sekali pemuda- pemuda di pulau subi yang tergila- gila padanya ingin mendapatkannya, suatu hari datanglah enam pemuda yang datang dari berbagai daerah untuk melamar siti balqis, ke enam pemuda tersebut sama- sama gagah berani, cerdik, kuat dan rupawan.
siti balqis pun bingung untuk memilih siapa yang pantas untuk menjadi pendampingnya, sementara ke enam pemuda itu semuanya ingin mempersunting siti balqis. Singkat cerita terjadilah perkelhian diantara pemuda- pemuda itu yang saling memperebutkan siti balqis. Didalam perkelahian itu semuanya imbang, namun suatu ketika salah satu keris milik salah pemuda menusuk mengenai siti balqis hingga meninggal dunia. Pemuda yang lain marah karena wanita pujaanya telah tiada hingga terjadi saling membunuh sama lain. Dan semuanya meninggal dunia termasuk siti balqis. Kejadian ini tepatnya terjadi pada tahun 1325 H. acara pemakaman seluruh korban diurus oleh masyarakat setempat dan dimakamkan pada satu komplek yang berukuran 10 x 10 meter.

Demikianlah cerita kisah siti balqis ini, yang menceritakan seorang wanita yang sangat cantik. Namun kecantikannya membawa korban bagi dirinya dan juga keluarganya. Ternyata tidak semua kecantikan membawa kebahagiaan malah justru dapat membawa mala petaka.



Referensi : dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar